Jl. Kapuk Muara Raya No.12, Jakarta Utara         021 29033326    0858-8318-6817 / 0838-7722-9023

MD – Khairul Ummah

Madrasah diniyah dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB sampai 16.30 WIB. Sistem pengajaran di madrasah diniyyah karena mayoritas para mustahik/ guru kurang lebih 90% berasal dari pondok pesantren salafiyyah, maka sebagian besar mengikuti sistem salafiyyah dan berjenjang seperti pondok-pondok salafiyyah umumnya. Kurikulum ini 80% mengacu pada kurikulum pondok pesantren Hidayatul Mubtadiin Lirboyo tetapi juga tetap menyesuaikan dalam keadaan santri di Jakarta, yakni memadukan kurikulum dari sistem salafiyyah dengan keadaan anak-anak di Jakarta.

Para pengajar mayoritas alumni pondok pesantren salafiyyah di Lirboyo, Hidayatul Mubtadiin. Bahkan madrasah diniyah dikepalai oleh alumni Lirboyo, yaitu KH. Mahfuddin Qosim, beliaulah pelopor yang pertama kali membuat kurikulum madrasah diniyah dengan mengadopsi sistem pengajaran yang ada di pondok pesantren Hidayatul Mubtadiin, Lirboyo. Sedangkan peserta didik di madrasah diniyah Khairul Ummah sangat beragam, peserta didik madrasah diniyah adalah santri dari pondok pesantren Khairul Ummah Syahroni. Di antaranya ada yang dari kalangan keluarga agamis dan bahkan ada peserta didik yang berasal dari umum, yang seolah asing terhadap pelajaran kitab-kitab klasik.

Madrasah diniyyah dalam perjalannya mengalami perubahan seiring berubahnya para guru dan murid. Tahun demi tahun santri madrasah diniyyah semakin banyak. Diniyyah berjalan dengan dinamis contoh tahun 2014 berhasil memperoleh 5 piala yang mengantarkan santri lomba MQK Nasional di Jambi.

WhatsApp WhatsApp kami ..